Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sistem Informasi Akuntansi


Ilmu akuntansi memiliki beberapa bidang, diantaranya akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan sistem informasi akuntansi. Pada artikel mengenai bidang-bidang akuntansi, sekilas saya membahas mengenai sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi berkaitan dengan penetapan prosedur akuntansi beserta alat pendukung nya agar proses akuntansi berjalan dengan efektif.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari tiga kata, yaitu sistem, informasi, dan akuntansi. Sistem adalah sekelompok variabel yang saling berhubungan antar satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan informasi adalah data yang diperoleh untuk diolah dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Dan akuntansi merupakan salah satu bidang ilmu yang berkaitan dengan pencatatan hingga sampai analisa transaksi keuangan sehingga menghasilkan informasi laporan keuangan.

Baca Juga : Pengertian dan Tujuan Akuntansi Biaya

Sistem informasi adalah suatu sistem dengan menggunakan teknologi komputer yang berguna untuk menyajikan informasi kepada pemakai nya dalam mengambil keputusan. Jadi, sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem dengan menggunakan teknologi komputer yang menyajikan informasi untuk mempermudah segala aktivitas terkait dengan akuntansi. Berikut beberapa pengertian sistem informasi akuntansi menurut beberapa ahli :

Menurut Mulyadi (2001)

Sistem informasi akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Menurut Bodnar dan Hopwood (2010)

Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan dari berbagai macam sumber daya yaitu manusia dan peralatan pendukung yang berguna mengolah data keuangan dan data lain nya menjadi informasi yang dapat digunakan bagi pemakai nya.

Menurut Nugroho Widjajanto (2001)

Sistem informasi akuntansi adalah susunan formulir, catatan, peralatan termasuk komputer dan alat komunikasi serta tenaga pelaksana dan laporan yang terkoordinasi secara erat untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.

Menurut Romney dan Steinbart (2006)

Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang berkaitan dengan pengumpulan, pencatatan, penyimpanan, dan proses data menjadi informasi yang berguna dalam proses pengambilan sebuah keputusan.

Dari pengertian yang disampaikan oleh para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi merupakan suatu sistem yang menggunakan komputerisasi untuk mengolah data-data keuangan sehingga menjadi laporan keuangan yang dijadikan bahan pengambilan keputusan bagi pihak manajemen perusahaan.

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Dalam menjalankan sistem informasi akuntansi, terdapat beberapa komponen sehingga sistem informasi akuntansi dapat berjalan.
  • Sumber daya manusia yang akan mengoperasikan sistem
  • Transaksi yang menjadi objek dari sistem informasi akuntansi sebagai input data yang akan diproses menjadi informasi (output).
  • Prosedur keuangan dan akuntansi.
  • Formulir data keuangan untuk mencatat seluruh aktivitas keuangan.
  • Software akuntansi, seperti MYOB dan Oracle Finance. Software akuntansi ini sebagai sarana untuk mekakukan pencatatan pada sistem informasi.

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

Dengan adanya sistem informasi akuntansi, dapat membantu akuntan dalam melaksanakan proses akuntansi. Berikut beberapa fungsi dari sistem informasi akuntansi :
  • Mengumpulkan dan menyimpan semua data kegiatan bisnis perusahaan secara efektif dan efisien.
  • Memproses data keuangan menjadi informasi yang berguna sebagai bahan pertimbangan manajemen dalam pengambilan keputusan.
  • Pengawasan terhadap semua aktivitas keuangan perusahaan
  • Melakukan kontrol yang efektif terhadap aset-aset perusahaan
  • Penyajian data keuangan yang sistematis dan akurat
Dari fungsi-fungsi diatas, sistem informasi akuntansi memiliki peranan penting dalam perusahaan. Dengan adanya sistem informasi akuntansi, proses akuntansi bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Tentu nya hal ini akan berdampak terhadap akurat nya informasi yang diperoleh sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Dengan adanya sistem informasi akuntasi akan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Jika dilihat dari fungsi diatas, tentu manfaat sistem informasi akuntansi ini lebih kepada efektivitas dan efisiensi proses akuntansi di perusahaan. Berikut beberapa manfaat sistem informasi akuntansi :
  • Menyajikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Hal ini dapat membuat perusahaan melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien
  • Meningkatkan efisiensi kinerja bisnis
  • Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produksi
  • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
Itulah pembahasan mengenai sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi akan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Dengan adanya sistem informasi akuntansi, proses akuntansi akan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga informasi yang dihasilkan bisa akurat. Tentu nya hal ini akan berdampak terhadap pengambilan keputusan manajemen perusahaan.

Referensi :
https://www.finansialku.com/definisi-sistem-informasi-akuntansi/
https://zahiraccounting.com/id/blog/tujuan-dan-manfaat-sistem-informasi-akuntansi/
https://www.jurnal.id/id/blog/2018/pengertian-dan-fungsi-sistem-informasi-akuntansi-dalam-perusahaan