Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Aplikasi Akuntansi Bagi UKM


Akuntansi merupakan suatu proses dalam mengelola sistem keuangan bisnis sehingga menghasilkan laporan keuangan. Proses dalam mengelola sistem keuangan terdiri dari identifikasi, pencatatan, klasifikasi, dan penyajian. Dalam mengelola suatu bisnis, tidak hanya produk yang diperhatikan. Namun, sistem keuangannya pun harus diperhatikan. Baik skala bisnis besar maupun UKM (Usaha Kecil Menengah) perlu mengelola keuangannya dengan baik.

Pengelolaan keuangan bisnis dilakukan dengan pendekatan ilmu akuntansi. Bagi para pelaku UKM yang masih pemula, mungkin mengelola keuangan dengan mencatatnya secara manual. Pencatatan dilakukan dalam sebuah buku. Jika usaha yang kita jalankan semakin berkembang, tentunya pencatatan transaksi keuangan pun semakin kompleks.

Dengan kompleks nya transaksi keuangan dalam sebuah usaha, kita memerlukan alat bantu untuk mempermudah proses akuntansi. Kita bisa menggunakan aplikasi akuntansi untuk mengelola sistem keuangan usaha. Aplikasi akuntansi dibuat untuk memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola sistem keuangan usahanya. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi banyak hal yang bisa membantu usaha kita, diantaranya sebagai berikut :

1. Meminimalisir kesalahan
Dalam melakukan pengelolaan sistem keuangan usaha pasti tidak terlepas dari sebuah kesalahan. Namun, kesalahan tersebut bisa dikelola dan diminimalisir. Jika kita masih melakukan pengelolaan sistem keuangan secara manual akan lebih rentan terhadap kesalahan. Aplikasi akuntansi dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

2. Mempercepat pekerjaan
Dalam sebuah bisnis yang baik diperlukan pengelolaan usaha yang efektif dan efisien. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi bisa mempercepat pekerjaan seorang akuntan. Aplikasi akuntansi dirancang untuk mempermudah proses akuntansi. Biasanya terdapat fitur-fitur otomatis yang dapat mempercepat pekerjaan akuntan.

3. Laporan usaha
Pengelolaan sistem keuangan menggunakan aplikasi akuntansi memungkinkan untuk menyajikan laporan keuangan secara otomatis. Sehingga, setiap transaksi yang telah dicatat pada aplikasi akuntansi dapat kita buat laporannya dengan cepat. Dengan hasil laporan keuangan yang cepat dapat membantu dalam membuat keputusan bisnis lebih cepat dan akurat.

4. Efektifitas biaya
Dengan menggunakan aplikasi akuntansi dapat meningkatkan efektifitas biaya. Aplikasi akuntansi dirancang untuk mempercepat pekerjaan sehingga dalam mengelola sistem keuangan tidak memerlukan banyak sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan beberapa aktivitas bisa dilakukan secara otomatis sehingga dapat meningkatkan efektifitas biaya.

5. Memudahkan dalam penghitungan pajak
Penghitungan pajak dapat dengan mudah dilakukan karena setiap transaksi yang ada dicatat dengan rapih melalui aplikasi akuntansi. Sehingga kita tidak perlu repot ketika akan melakukan pelaporan dan pembayaran terkait dengan pajak.

6. Mengamankan data
Data keuangan yang telah diproses menggunakan aplikasi akuntansi, cenderung lebih aman. Aplikasi akuntansi dapat mengatur hak akses atas proses sistem akuntansi. Sehingga, hanya orang-orang yang diberi akses saja yang dapat mengelola keuangan usaha.

Itulah beberapa alasan mengenai pentingnya aplikasi akuntansi bagi pelaku UKM. Meskipun aplikasi akuntansi dapat memudahkan, para pelaku UKM perlu beradaptasi terlebih dahulu ketika menggunakan aplikasi akuntansi. Selain itu, pelaku UKM perlu mempertimbangkan biaya atas aplikasi akuntansi yang akan digunakannya.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi usaha. Sehingga para pelaku usaha tidak perlu dipusingkan dengan pengelolaan sistem keuangan usaha. Pelaku usaha bisa lebih fokus ke hal lain terkait dengan pengembangan usaha sehingga bisa naik kelas ke level bisnis yang lebih tinggi.


Salah satu aplikasi akuntansi yang dapat anda gunakan yaitu Accurate. Accurate merupakan software akuntansi yang dapat memudahkan pelaku UKM dalam mengelola sistem keuangan usaha. Accurate menyediakan berbagai fitur lengkap yang dapat memudahkan akuntan dalam mengelola keuangan usaha. Anda dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai aplikasi Accurate melalui link pada banner diatas.