Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli


Ilmu akuntansi memiliki beberapa bidang diantaranya akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan akuntansi biaya. Setiap bidang-bidang tersebut memiliki peranan nya masing-masing. Kali ini saya akan membahas mengenai akuntansi biaya. Akuntansi biaya adalah salah satu bidang dalam ilmu akuntansi yang berkaitan dengan proses pencatatan, penggolongan hingga analisis terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi baik berupa barang atau jasa. Biasanya, akuntansi biaya dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur.


Dengan adanya akuntansi biaya di perusahaan, aktivitas produksi perusahaan bisa dipantau melalui biaya-biaya yang dikeluarkan. Data-data yang diperoleh dari akuntansi biaya dianalisis sehingga bisa digunakan untuk menentukan harga jual sebuah barang. Selain itu, data tersebut bisa digunakan untuk menentukan aktivitas produksi yang bisa diminimalisir biaya produksi nya sehingga bisa memaksimalkan pendapatan perusahaan. Akuntansi biaya menganggap uang sebagai faktor ekonomi dalam produksi. Berikut beberapa pengertian akuntansi biaya menurut para ahli :

1. Menurut Carter dan Usry
Akuntansi biaya merupakan perhitungan sejumlah biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi, dan pembuat keputusan yang bersifat rutin maupun strategis. Akuntansi biaya berfokus pada pelacakan, pencatatan hingga analisa terhadap aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan produksi baik itu barang maupun jasa.

2. Menurut Mulyadi (1996)
Akuntansi biaya merupakan serangkaian proses pencatatan, penggolongan, peringkasan hingga penyajian biaya yang digunakan selama proses pembuatan dan penjualan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan metode tertentu. 

3. Menurut R.A Supriyono (2000)
Akuntansi biaya adalah salah satu bidang akuntansi yang menjadi alat bagi manajemen dalam memonitor dan menekan transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

4. Menurut Bastian dan Nurlela (2006)
Akuntansi biaya adalah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan cara atau metode untuk mencatat, mengukur, dan melaporkan tentang informasi biaya yang digunakan.

5. Menurut Armanto Witjaksono (2006)
Akuntansi biaya akan melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi yang dapat digunakan untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian. Akuntansi biaya menjadi alat bagi manajemen dalam memonitor setiap biaya-biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan.

 6. Menurut Abdul Halim
Akuntansi biaya merupakan salah satu bidang ilmu akuntansi yang berkaitan dengan penentuan harga pokok dari sebuah produk yang dihasilkan, baik untuk dijual ke pasar maupun dijadikan sebagai persediaan barang yang akan dijual.

7. Menurut Kholmi dan Yuningsih (2009)
Akuntansi biaya adalah proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan, dan analisis yang berkaitan dengan aktivitas produksi perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa.

Dari beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa akuntansi biaya merupakan serangkaian proses akuntansi yang bertujuan untuk mencatat hingga menganalisa setiap aktivitas produksi perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa. Data hasil analisa tersebut menjadi laporan biaya yang dapat membantu manajemen untuk memonitor dan melakukan perencanaan aktivitas produksi perusahaan.

Referensi :
https://dosenakuntansi.com/pengertian-akuntansi-biaya
http://www.pelajaran.co.id/2017/15/pengertian-akuntansi-biaya-menurut-para-ahli-fungsi-dan-tujuan-akuntansi-biaya.html