Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Photo by Helloquence on Unsplash

Akuntansi merupakan salah satu ilmu yang harus dipahami oleh pelaku usaha. Dengan memahami ilmu akuntansi, maka pelaku usaha bisa menilai kinerja perusahaan nya. Akuntansi tidak hanya sekedar menghitung uang masuk dan keluar perusahaan, namun lebih luas dari pada itu. Akuntansi merupakan rangkaian proses mulai dari pencatatan hingga menghasilkan sebuah informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Berikut beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli :

1. Menurut American Accounting Association (AAA)
Akuntansi merupakan proses identifikasi, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas serta tegas bagi pengguna informasi tersebut. Akuntansi berfungsi sebagai alat analisa transaksi keuangan. Nanti nya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Lembaga AAA ini merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang riset, pengembangan, dan pengajaran akuntansi di Amerika Serikat.

2. Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)
Akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk dalam menafsirkan hasil-hasil nya. Jadi, akuntansi merupakan sebuah proses dari mulai pencatatan hingga menjadi sebuah informasi laporan keuangan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. AICPA ini merupakan organisasi profesional akuntan yang berasal dari Amerika Serikat.

3. Menurut Donald Kieso, Jerry Weygandt, dan Terry Warfield
Akuntansi adalah identifikasi, pengukuran, dan melaporkan informasi keuangan tentang entitas ekonomi kepada orang-orang yang berkepentingan.

4. Menurut Charles T.Horngren dan Walter T.Harrison
Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasil nya kepada para pengambil keputusan.

5. Menurut Warren
Akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

6. Menurut Arnold
Akuntansi adalah suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

7. Menurut Financial Accounting Standards Boards (FASB)
Akuntansi merupakan kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi. FASB ini merupakan badan otoritafi yang dibentuk oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) pada tahun 1959.

8. Menurut West Churman
Akuntansi merupakan pengalaman tertulis yang berguna sebagai bahan dalam pengambilan sebuah keputusan. West Churman adalah seorang profesor administrasi bisnis di Universitas California yang dikenal sebagai ahli dalam riset operasi dan analisa sistem.

9. Menurut Keputusan Menteri Keuangan
Berdasarkan keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 476 KMK 01 tahun 1991, akuntansi ialah suatu proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan terhadap suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonom untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang berguna dalam pengambilan keputusan.

10. Menurut Mulyadi
Akuntansi dapat didefinisikan sebagai organisasi formulir, catatan serta laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Itulah beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli. Dari semua pendapat para ahli tersebut, dapat disimpulkan. Bahwa akuntansi merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan, hingga menjadi sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan ini menjadi informasi bagi para pihak yang berkepentingan dalam mengambil sebuah keputusan.

Referensi :
https://dosenakuntansi.com/pengertian-akuntansi
http://www.seputarilmu.com/2015/12/12-pengertian-akuntansi-menurut-para.html
http://www.learniseasy.com/pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli-lengkap.html