Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli


Akuntansi merupakan suatu proses mulai dari pencatatan hingga penyajian informasi laporan keuangan sehingga bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Ilmu akuntansi memiliki beberapa cabang diantaranya, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, dan akuntansi keuangan. Kali ini kita akan membahas mengenai definisi akuntansi keuangan menurut para ahli.

Merujuk kepada situs Wikipedia, akuntansi keuangan merupakan bagian dari ilmu akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip dasar yang digunakan dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi, yaitu Aset = Liabilitas + Ekuitas.


Definisi Akuntansi Keuangan Menurut Kieso & Weygant [Intermediate Accounting, 2000:6]

Akuntansi keuangan adalah serangkaian proses yang berujung pada penyusunan laporan keuangan yang berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan oleh pengguna laporan keuangan baik pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Definisi Akuntansi Keuangan Menurut Jogianto, 1997:54

Akuntansi keuangan merupakan penyediaan informasi yang relevan berupa laporan-laporan periodik, seperti balance sheet, income statement, retained earning, laporan perubahan modal yang digunakan baik oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Definisi Akuntansi Keuangan Menurut Sugiarto [Pengantar Akuntansi : 2002]

Akuntansi keuangan merupakan bidang dalam akuntansi yang berfokus pada penyiapan laporan keuangan suatu perusahaan secara berkala. Laporan ini berguna sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak manajemen terhadap para pemegang saham. Persamaan akuntansi yang digunakan adalah Aset = Liabilitas + Ekuitas. Hal ini mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Definisi Akuntansi Keuangan Menurut Fess dan Warrant (1999:10)

Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan data kegiatan ekonomi suatu perusahaan. Laporan tersebut menjadi bahan informasi yang akan digunakan oleh pihak yang berkepentingan.

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa akuntansi keuangan merupakan salah satu cabang ilmu dari akuntansi yang berfokus pada penyajian laporan keuangan. Laporan keuangan ini akan digunakan oleh pihak internal dan eksternal perusahaan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Pihak internal adalah pihak yang bekerja di perusahaan, seperti bagian keuangan dan para pimpinan perusahaan. Sedangkan pihak eksternal, diantaranya para pemegang saham, calon investor, dan pemerintah. Laporan keuangan disusun berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Dengan adanya standar tersebut, diharapkan laporan keuangan yang dibuat bisa dipahami oleh berbagai pihak karena ada keseragaman aturan.

Itulah beberapa definisi akuntansi keuangan menurut beberapa ahli. Ilmu akuntansi memiliki beberapa cabang, salah satu nya akuntansi keuangan. Setiap cabang ilmu dari akuntansi memiliki peranan nya tersendiri.

Referensi :
http://www.belajarakuntansionline.com/pengertian-akuntansi-keuangan-menurut-para-ahli/
https://rocketmanajemen.com/pengertian-akuntansi-keuangan
https://dosenakuntansi.com/pengertian-akuntansi-keuangan