Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi di Perguruan Tinggi


Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan favorit di rumpun IPS. Meski begitu, tidak sedikit yang menganggap bahwa jurusan akuntansi ini merupakan salah satu jurusan yang cukup sulit. Ada yang bilang, jika masuk jurusan ini maka logika nya harus kuat. Memang benar, dalam jurusan akuntansi kita diarahkan untuk berpikir secara sistematis. Akuntansi merupakan rantaian proses mulai dari pencatatan hingga informasi laporan keuangan yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan perusahaan.

Ada yang bilang, jika masuk jurusan akuntansi harus pintar dalam menghitung. Itu, tidak sepenuh nya benar karena dalam proses belajar, kita diperbolehkan untuk menggunakan kalkulator. Yang terpenting harus bisa memahami alur akuntansi itu sendiri. Bagi teman-teman yang kebingungan dalam memilih jurusan akuntansi di perkuliahan nanti, berikut beberapa alasan untuk memilih jurusan akuntansi di perguruan tinggi :

1. Memiliki prospek kerja yang baik

Mahasiswa jurusan akuntansi memiliki prospek kerja yang baik. Ilmu akuntansi dibutuhkan diberbagai usaha, mulai dari UMKM, industri, hingga pemerintahan. Dengan begitu, maka sangat luas peluang karir bagi jurusan akuntansi ini. Karena setiap usaha, membutuhkan orang yang mencatat dan menganalisa setiap transaksi keuangan nya. Bisa dibilang, akuntansi ini merupakan bahasa bisnis.

2. Cocok bagi anda yang teliti

Ya, jurusan akuntansi membutuhkan ketelitian dalam mengerjakan proses akuntansi. Akuntansi merupakan rangkaian proses mulai dari pencatatan, pengelompokan, hingga pengambilan kesimpulan dari laporan keuangan yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak yang berkepentingan di perusahaan. Ketika menyusun laporan keuangan dibutuhkan ketelitian dalam mengerjakan nya. Dalam ilmu akuntansi dikenal istilah balance. Maksud nya adalah seimbang nya nilai antara posisi debit dan kredit. Hal tersebut merupakan salah satu aturan dalam akuntansi. Jika tidak balance, maka perlu dikoreksi lagi.

3. Jurusan dengan salah satu grade tertinggi

Jurusan akuntansi membutuhkan pemahaman logika yang cukup bagus. Tidak heran, jika dalam penerimaan mahasiswa jurusan akuntansi. Biasanya jurusan ini memiliki persyaratan nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan jurusan yang lain.

4. Bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata

Semua jurusan di perkuliahan memang mengajarkan untuk bisa dipraktekan secara langsung di dunia nyata. Terlebih dengan jurusan akuntansi yang bisa dibilang sebagai bahasa bisnis. Bagi para pelaku usaha, akuntansi ini merupakan salah satu hal penting dalam memahami kinerja usaha nya. Dengan memahami ilmu akuntansi, maka para pelaku usaha bisa mengambil keputusan lebih tepat bagi usaha nya.

5. Memiliki beberapa cabang ilmu

Dalam akuntansi, ada beberapa cabang ilmu diantaranya akuntansi pemerintahan, akuntansi pendidikan, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan lain-lain. Dalam bidang karir, setiap cabang tersebut memiliki tugas nya masing-masing. Berkaitan dengan poin nomor satu, selain dibutuhkan di berbagai instansi. Akuntansi pun memiliki berbagai cabang pekerjaan. Tentu nya, ini menjadi nilai lebih bagi jurusan akuntansi.

6. Mengajarkan sikap tanggung jawab

Semua hal yang dipelajari di perkuliahan menuntut kita untuk bisa bertanggung jawab. Mulai dari tugas-tugas kuliah, organisasi di perkuliahan, dan lain-lain. Begitu pun dengan jurusan akuntansi. Ketika menyusun laporan keuangan, kita dituntut untuk bertanggung jawab dalam membuat nya. Selain itu ada etika-etika yang harus diperhatikan bagi seorang akuntan.

Itulah beberapa alasan bagi anda yang masih kebingungan dalam memilih jurusan di perkuliahan nanti. Jika anda memiliki pertanyaan terkait jurusan akuntansi di perkuliahan nanti, anda bisa bertanya lewat komentar di bawah ya.