Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi


Berkarir di bidang akuntansi merupakan salah satu karir yang cukup menjanjikan. Ilmu akuntansi dibutuhkan dalam setiap usaha. Setiap perusahaan membutuhkan akuntan untuk menganalisa kinerja perusahaan berdasarkan laporan keuangan. Bisa dibilang, akuntansi merupakan bahasa bisnis. Berbanding lurus dengan prospek kerja yang menjanjikan ini, jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan favorit di rumpun IPS.

Ada beberapa bidang dalam akuntansi yang bisa anda pilih dalam berkarir di jurusan ini. Secara singkat, akuntan bertugas untuk membuat catatan keuangan perusahaan. Perusahaan disini, tidak hanya terbatas pada industri. Namun, akuntan pun dibutuhkan di pemerintahan atau organisasi. Berikut beberapa bidang pekerjaan di jurusan akuntansi :

1. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang telah memiliki izin untuk memberikan jasa akuntan publik. Setiap akuntan publik diharuskan untuk menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). IAPI adalah asosiasi profesi akuntan yang diakui oleh pemerintah.

Akuntan publik dapat bekerja baik secara individual atau dengan perusahaan. Akuntan publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi kepada publik. Dari jasa pelayanan tersebut, akuntan publik mendapatkan fee atas jasa yang ditawarkan nya. Akuntan publik menyiapkan dan menganalisa berbagai dokumen dan laporan keuangan. Untuk menjadi akuntan publik bersertifikat (CPA / Certified Public Accountants) ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Jasa-jasa yang ditawarkan oleh akuntan publik dibagi menjadi dua, yaitu jasa atestasi dan jasa non atestasi. Jasa atestasi mencakup audit umum atas laporan keuangan, pemeriksaan laporan, informasi keuangan proforma, dan yang lain nya. Sedangkan jasa non atestasi mencakup akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, kompilasi serta konsultasi.

Gaji pada profesi akuntan publik ini berkisar antara 5 - 10 juta pada tahun-tahun pertama. Seiring dengan bertambah nya pengalaman kerja dan kapasitas, biasanya gaji nya pun akan meningkat di tahun-tahun berikut nya.

2. Petugas Akuntansi

Profesi ini bertugas untuk mencatat data dan memperbarui dokumen keuangan. Profesi ini hanya menyediakan data keuangan saja, tidak melakukan analisa seperti akuntan. Biasanya tidak dibutuhkan persyaratan khusus untuk melamar di bidang ini.

3. Auditor Internal

Profesi ini bertugas untuk memeriksa dan mengaudit laporan keuangan internal perusahaan. Laporan keuangan ini digunakan sebagai bahan informasi bagi pihak manajemen perusahaan. Auditor internal bertugas untuk memastikan laporan keuangan sesuai dengan asli nya. Selain itu, auditor internal memiliki tugas untuk memberikan saran kepada pihak manajemen agar kinerja perusahaan dapat bekerja secara maksimal.

Gaji auditor internal biasa nya memperoleh gaji yang lebih baik dibandingkan auditor eksternal pada tahun-tahun pertama. Di tahun-tahun pertama, gaji auditor internal yang bekerja di perusahaan berskala besar berkisar antara 7-10 juta per bulan.

4. Manajer Akuntansi

Manajer akuntansi bertugas untuk menentukan keputusan keuangan berdasarkan data-data keuangan perusahaan. Manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan bagi para akuntan yang bekerja di perusahaan. Profesi ini membutuhkan skill komunikasi dan kepemimpinan karena akan mengatur dan mengarahkan bawahan nya.

5. Akuntan Intern

Akuntan intern atau disebut juga akuntan privat adalah akuntan yang bekerja di perusahaan atau instansi tertentu. Akuntan intern bertugas untuk menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan, menangani masalah perpajakan perusahaan, dan pemeriksaan intern. Laporan keuangan yang dibuat ditujukan untuk pihak internal dan eksternal perusahaan.

Bidang-bidang dalam akuntan intern, diantaranya yaitu akuntansi umum, akuntansi biaya, penganggaran, dan perancangan sistem informasi. Bidang-bidang tersebut memiliki tugas nya masing-masing. Gaji di bidang ini pada tahun-tahun pertama berkisar 5-10 juta per bulan.

6. Financial Analyst

Profesi ini bertugas untuk menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Kisaran gaji untuk profesi ini pada tahun-tahun pertama berkisar 5-10 juta.

7. Konsultan Pajak

Profesi ini bertugas untuk memberikan jasa konsultasi perpajakan bagi perusahaan. Salah satu persyaratan untuk berkarir di bidang ini yaitu memiliki sertifikasi konsultan pajak (USKP). Sertifikasi ini diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

8. Akuntan Pemerintah

Tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan, akuntan pun dibutuhkan juga oleh perusahaan. Akuntan pemerintahan bertugas untuk menyusun laporan keuangan pemerintahan. Selain itu, bisa juga bertugas untuk mengaudit laporan keuangan setiap instansi pemerintahan. Dalam menjalankan tugas nya, akuntansi pemerintahan memiliki standar khusus dalam hal pencatatan akuntansi. Salah satu tolak ukur standar akuntansi pemerintahan dibuat oleh AAP (Ahli Akuntan Pemerintahan). AAP diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Itulah beberapa peluang kerja bagi mahasiswa jurusan akuntansi. Seiring dengan berjalan nya waktu profesi-profesi diatas pun mengikuti perkembangan zaman. Setiap profesi akuntan memiliki tugas nya masing-masing. Dalam hal gaji pun memiliki kisaran nya masing-masing. Dengan meningkatkan pengalaman kerja dan kapasitas diri, tentu gaji dalam bidang ini akan ikut meningkat.

Referensi :
- https://www.finansialku.com/prospek-pekerjaan-jurusan-akuntansi/
- https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/prospek-kerja-jurusan-akuntansi-persyaratan-mendaftar-kuliah-ke/