Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia


Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang paling diincar bagi calon mahasiswa. Jika di rumpun IPA, ada jurusan teknik informatika yang menjadi salah satu jurusan favorit. Pada rumpun IPS, salah satu jurusan favorit nya yaitu akuntansi. Akuntansi bisa dibilang salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang cukup bagus. Setiap perusahaan membutuhkan akuntan, sebagai orang yang membantu dalam mengurus keuangan perusahaan. Akuntansi biasa disebut juga sebagai bahasa bisnis.

Jurusan akuntansi umum nya berada dibawah fakultas ekonomi dan bisnis. Selain di universitas, jurusan akuntansi pun banyak terdapat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Bagi anda yang ingin mengenyam pendidikan akuntansi, tidak ada salah nya untuk memilih institusi pendidikan terbaik dengan jurusan akuntansi nya. Berikut beberapa universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia :
1. Universitas Indonesia (UI), Jakarta Pusat
Jurusan Akuntansi di UI berada dibawah fakultas ekonomi dan bisnis. Jurusan akuntansi UI telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat SBMPTN pada tahun 2017 berjumlah 3.563 orang. Sedangkan daya tampung SBMPTN nya sebesar 136 orang.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
Jurusan akuntansi di UGM berada dibawah fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) UGM. Jurusan akuntansi nya telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
Jurusan akuntansi di UNDIP telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.

4. Universitas Brawijaya (UNIBRAW), Malang
Jurusan akuntansi di UNIBRAW telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
Jurusan akuntansi di UNS telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat melalui jalur SBMPTN tahun 2017 berjumlah 3.126 orang. Sedangkan daya tampung jalur SBMPTN tahun 2018 berjumlah 60 orang.

6. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
Jurusan akuntansi di UNPAD telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat melalui jalur SBMPTN pada tahun 2017 berjumlah 3.065 orang. Sedangkan daya tampung jalur SBMPTN tahun 2018 sebesar 72 orang.

7. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
Jurusan akuntansi di UNAIR telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat SBMPTN pada tahun 2017 berjumlah 2.350 orang. Sedangkan daya tampung melalui jalur SBMPTN tahun 2018 sebesar 100 orang.

8. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
Jurusan akuntansi di USU telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat melalui jalur SBMPTN tahun 2017 berjumlah 2.860 orang. Sedangkan daya tampung melalui jalur SBMPTN di tahun 2018 sebesar 79 orang.

9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
Jurusan akuntansi di UPI telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat melalui jalur SBMPTN di tahun 2017 berjumlah 1.762 orang. Sedangkan daya tampung melalui jalur SBMPTN di tahun 2018 sebesar 30 orang.

10. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto
Jurusan akuntansi di UNSOED telah memperoleh akreditas A dari BAN PT. Jumlah peminat melalui jalur SBMPTN di tahun 2017 berjumlah 2.356 orang. Sedangkan daya tampung melalui jalur SBMPTN di tahun 2018 berjumlah 60 orang.

11. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta
Jurusan akuntansi di UNY telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat melalui jalur SBMPTN di tahun 2017 berjumlah 3.062 orang. Sedangkan daya tampung melalui jalur SBMPTN di tahun 2018 berjumlah 25 orang.

12. Universitas Andalas (UNAND), Padang
Jurusan akuntansi di UNAND telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jumlah peminat melalui jalur SBMPTN di tahun 2017 berjumlah 2.108 orang. Sedangkan daya tampung melalui jalur SBMPTN di tahun 2018 berjumlah 64 orang.

Daftar urutan diatas tidak menunjukkan urutan rangking terbaik dari nomor satu sampai terakhir. Daftar universitas diatas, saya kumpulkan dari beberapa referensi di internet dengan pertimbangan akreditasi A dari BAN PT. Jika ada saran nama universitas lain nya, bisa kasih masukkan nya lewat komentar di bawah ya.

Itulah beberapa daftar universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia. Dengan menentukan institusi terbaik dalam mengenyam pendidikan, tentu akan membantu memaksimalkan proses dalam belajar. Semakin populer universitas nya, maka semakin tinggi pula tingkat persaingan nya. Namun, bagi anda yang belum lolos di universitas favorit, tidak perlu menyesali akan hal itu. Yang paling penting, kita sebagai mahasiswa bisa memaksimalkan semua fasilitas yang ada di kampus untuk menunjang proses belajar.

Referensi :
- https://www.bibliotika.com/2016/10/daftar-universitas-dengan-jurusan.html
- https://kampusaja.com/akuntansi-terbaik/
- https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/ingin-masuk-akuntansi-ini-dia-10-universitas-dengan-jurusan-akuntansi-terbaik-di-indonesia