Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Akuntansi Dalam Bisnis


Dalam menjalankan suatu bisnis maka diperlukan perencanaan terkait dengan jalannya bisnis tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan, yaitu perencanaan keuangan beserta mekanisme pencatatannya. Akuntansi memiliki peranan yang penting dalam menjalankan suatu bisnis. Setiap transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan akan dicatat sesuai dengan prosedur akuntansi. Hasil akhir dari proses akuntansi adalah laporan keuangan yang dapat menjadi informasi sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Berikut peran akuntansi dalam sebuah bisnis :

Menyediakan Informasi Keuangan

Akuntansi sebagai sebuah proses mulai dari pencatatan hingga penyajian laporan keuangan. Hal ini menjadikan akuntansi memiliki peran dalam menyediakan informasi keuangan perusahaan. Setiap transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan akan dicatat melalui mekanisme akuntansi. Jika dilihat dari unsur persamaan akuntansi, yaitu aset, kewajiban, dan modal. Maka ketiga unsur tersebut akan dicatat. Nantinya akan menghasilkan laporan keuangan.

Alat Pengendali Keuangan

Dengan adanya informasi keuangan yang dihasilkan oleh proses akuntansi, maka perusahaan dapat melakukan kendali atas keuangannya. Perusahaan dapat menilai efisiensi uang yang digunakan terhadap keuntungan yang diperoleh. Pengendalian keuangan dilakukan agar rencana keuangan perusahaan dapat berjalan sesuai dengan yang dianggarkan.

Alat Bantu Stakeholders dalam Mengambil Keputusan

Laporan keuangan yang disajikan melalui proses akuntansi dapat membantu pihak-pihak terkait untuk melakukan pengambilan keputusan. Stakeholders bisa melakukan penilaian atas kinerja keuangan perusahaan melalui laporan keuangan yang ada.

Media dengan Pihak Ketiga

Laporan keuangan yang disajikan tidak hanya dibutuhkan untuk internal perusahaan. Namun, hasil laporan keuangan ini bisa menjadi media informasi yang berhubungan dengan pihak eksternal. Misalnya berkaitan dengan proses audit dan perhitungan pajak. Informasi keuangan ini dibutuhkan oleh auditor dan petugas pajak. Contoh lain, ketika melakukan transaksi dengan pihak lain. Akuntansi dapat membantu menilai harga wajar dalam melakukan proses transaksi.

Itulah penjelasan singkat mengenai peran akuntansi dalam bisnis. Dalam menjalankan bisnis diperlukan pencatatan keuangan yang baik. Hal ini, tentu akan membantu dalam melakukan proses evaluasi dan pengambilan keputusan bisnis.