Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Akuntansi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai mekanisme pencatatan hingga penyajian laporan keuangan. Laporan keuangan yang dihasilkan akan digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Dibutuhkan aturan dasar dalam melakukan penyusunan laporan keuangan. Aturan dasar dalam akuntansi, salah satunya adalah konsep persamaan dasar akuntansi.

Persamaan dasar akuntansi adalah hubungan antara aset, kewajiban, dan ekuitas sebuah bisnis. Prinsip persamaan dasar akuntansi ini menjadi dasar untuk pembukuan berpasangan. Setiap transaksi yang dicatat harus menunjukkan keseimbangan antara total debit dan kredit. Konsep persamaan dasar akuntansi dapat dirumuskan secara sistematis sebagai berikut :

Aset = Kewajiban + Ekuitas

Dari persamaan diatas, dapat dilihat bahwa aset sama dengan kewajiban ditambah dengan ekuitas. Hal ini berarti aset yang dimiliki oleh perusahaan berasal dari kewajiban dan ekuitas yang ada. Ada tiga unsur persamaan dasar akuntansi yaitu aset, kewajiban, dan ekuitas. Berikut penjelasan mengenai ketiga unsur tersebut :

Aset

Aset atau aktiva merupakan sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Sumber daya tersebut akan memberikan manfaat (nilai ekonomis) pada masa mendatang. Secara garis besar, aset dibagi menjadi dua yaitu current asset (aset lancar) dan non-current asset (aset tidak lancar). Salah satu karakteristik dari aset lancar adalah kepemilikannya kurang dari satu tahun. Berbeda dengan aset tidak lancar, kepemilikannya lebih dari satu tahun.

Baca Juga : Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Akuntansi

Selain dari aset lancar dan aset tidak lancar (tetap), dikenal juga istilah intangible asset (aset tak berwujud). Aset atau harta biasanya berwujud, maksudnya dapat dilihat fisiknya seperti gedung, mesin, persediaan. Dalam intangible asset, dikenal istilah goodwill. Berikut beberapa contohnya :
Aset lancar : Kas, piutang, persediaan, perlengkapan
Aset tidak lancar : Tanah, bangunan
Aset tidak berwujud : Hak cipta, paten

Kewajiban

Kewajiban atau liabilitas adalah kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan kepada pihak lain Kewajiban untuk membayar ini timbul karena perusahaan melakukan pinjaman kepada pihak lain. Kewajiban pun dibagi menjadi dua jenis, sama halnya dengan aset. Pertama, kewajiban jangka pendek. Salah satu karakter nya yaitu kewajiban yang kurang dari satu tahun. Kedua kewajiban jangka panjang dengan waktu pembayaran lebih dari satu tahun. Berikut contohnya :
Kewajiban jangka pendek : Hutang usaha, hutang gaji, hutang bunga
Kewajiban jangka panjang : Hutang obligasi

Ekuitas

Ekuitas atau modal adalah hak pemilik dana atas perusahaan. Hak ini berasal dari kepemilikan saham perusahaan. Ekuitas dipengaruhi oleh pendapatan, beban, investasi, dan penarikan. Ketika pendapatan perusahaan meningkat, maka akan meningkatkan ekuitas perusahaan. Lain hal nya, ketika beban perusahaan meningkat, maka akan menurunkan ekuitas perusahaan.

Itulah ketiga unsur yang saling berkaitan pada persamaan dasar akuntansi. Sistem pencatatan akuntansi yang mengharuskan seimbang antara debit dan kredit, sehingga nilai aset harus sama dengan kewajiban ditambah dengan ekuitas. Berikut ilustrasi pencatatan transaksi antara ketiga unsur tersebut :



Berikut contoh penerapan dari persamaan dasar akuntansi :
1. Pak Dani adalah seorang pengusaha yang ingin memulai usaha menjual barang-barang elektronik. Pak Dani memiliki modal sebesar Rp 500.000.000 untuk memulai usaha nya.

2. Setelah itu, Pak Dani melakukan pembelian barang-barang elektronik sebagai persediaan untuk menjualnya kembali. Pembelian barang elektronik sebesar Rp 300.000.000. Pembayaran dilakukan secara tunai dengan menggunakan kas yang ada.

3. Setelah usaha nya berkembang, Pak Dani melakukan pembelian ruko seharga Rp 300.000.000. Dengan pembayaran Rp 100.000.000 melalui uang kas nya. Dan Rp 200.000.000 melalui pinjaman dari Bank.


Itulah contoh penerapan persamaan dasar akuntansi pada pencatatan transaksi. Hasil dari aset sama dengan kewajiban ditambah dengan ekuitas harus seimbang. Bagi anda yang ingin mendapatkan versi powerpoint nya dengan format ppt, anda bisa mengunduhnya disini. Sedangkan versi pdf nya, anda bisa mengunduhnya disini.

Anda dapat melihat penjelasan mengenai tabel persamaan dasar akuntansi melalui video youtube yang berasal dari Channel Akuntansi Pendidik :


Itulah penjelasan singkat mengenai konsep persamaan dasar akuntansi. Konsep ini menjadi salah satu dasar dalam penyusunan laporan akuntansi sehingga laporan yang dihasilkan sistematis.

Sumber Gambar 1 : https://bit.ly/2TgGMKc
Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Persamaan_akuntansi
- https://bit.ly/2XoHR1V
- https://bit.ly/2GKd7Dm
- https://bit.ly/2TgGMKc