Daftar Pihak Pemakai Informasi Akuntansi


Akuntansi merupakan sebuah proses dalam identifikasi, pencatatan, pengelompokan hingga menyajikan data yang berhubungan dengan transaksi keuangan agar bisa dijadikan bahan pengambilan keputusan. Akuntansi biasa disebut juga sebagai bahasa bisnis. Dalam suatu bisnis, akuntan bertugas untuk membuat laporan berdasarkan transaksi keuangan sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan.


Laporan yang dihasilkan digunakan oleh para pemakai informasi. Secara garis besar, pihak pemakai informasi akuntansi dibagi menjadi dua yaitu pihak internal dan eksternal. Pihak internal adalah pihak yang berada di perusahaan dan memiliki kepentingan dalam pengambilan keputusan. Sedangkan pihak eksternal adalah pihak yang berada di luar perusahaan dan memiliki kepentingan terhadap kebijakan dari perusahaan.

Pemakai Informasi Akuntansi Secara Internal

Pihak internal yang membutuhkan informasi terkait dengan laporan akuntansi adalah manajemen. Manajemen bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Manajer perusahaan membutuhkan informasi yang berkaitan dengan laporan akhir akuntansi. Tujuan nya agar dapat mengambil keputusan dengan baik berdasarkan data dan fakta yang ada. Banyak hal-hal yang harus diputuskan oleh manajemen berkaitan dengan kegiatan perusahaan sehingga membutuhkan laporan terkait dengan kinerja perusahaan.

Pemakai Informasi Akuntansi Secara Eksternal

Pihak eksternal yang memakai informasi akuntansi adalah pihak dari luar perusahaan yang memiliki kepentingan terhadap kebijakan yang diatur oleh perusahaan. Ada beberapa pihak eksternal, diantaranya yaitu :

1. Investor

Investor adalah pihak yang ikut serta mendanai aktivitas perusahaan. Informasi yang dibutuhkan oleh pemegang saham ini adalah laporan keuangan terkait dengan kinerja perusahaan. Hal ini sangat diperlukan untuk evaluasi terhadap perusahaan tersebut. Jika kinerja nya semakin memburuk, tidak menutup kemungkinan, investor bisa pindah ke perusahaan lain.

2. Pemerintah

Pemerintah memerlukan informasi akuntansi sebuah perusahaan berkaitan dengan pengenaan pajak. Selain itu dibutuhkan informasi lain terkait dengan pemenuhan ketentuan peraturan serta perundang-undangan.

3. Kreditor

Kreditor adalah pihak yang meminjamkan dana kepada perusahaan. Misal nya bank yang memberikan pinjaman kepada perusahaan karena akan melakukan ekspansi usaha. Sebelum meminjamkan dana nya, bank akan melakukan penilaian terlebih dahulu terkait dengan kinerja perusahaan. Maka dibutuhkan informasi keuangan untuk menilai kinerja perusahaan.

4. Karyawan dan Serikat Pekerja

Karyawan memiliki kepentingan untuk mengetahui informasi keuangan perusahaan terkait dengan perundingan kontrak kerja, pengajuan kesejahteraan dan yang lainnya. Karyawan bisa menilai kinerja perusahaan secara umum dan menjadi bahan evaluasi diri atas performanya.

5. Masyarakat

Masyarakat dapat mengetahui kinerja perusahaan melalui informasi akuntansi nya. Perusahaan sangat erat kaitan nya dengan masyarakat. Masyarakat berhak mengetahui peran perusahaan dalam melaksanakan kewajiban sosial nya serta kontribusi dalam perekonomian nasional.

Itulah sekilas informasi mengenai pihak pemakai informasi akuntansi. Secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu, pihak internal dan eksternal. Laporan akuntansi dibutuhkan untuk keperluan pengambilan keputusan perusahaan.

Referensi :
- https://bit.ly/2RKOT0F
- https://bit.ly/2H9eJrl
- https://bit.ly/2Fp049G

0 Response to "Daftar Pihak Pemakai Informasi Akuntansi"

Posting Komentar

Komentar dimoderasi
Komentar akan muncul apabila disetujui oleh penulis