Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Manfaat Akuntansi Biaya dalam Perusahaan


Akuntansi biaya merupakan salah satu bidang dalam ilmu akuntansi yang berkaitan dengan pelacakan, pencatatan hingga analisis biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas produksi dalam menghasilkan barang maupun jasa. Akuntansi biaya menghasilkan informasi laporan biaya. Dengan laporan tersebut, dapat membantu manajemen dalam memonitor dan menentukan keputusan terkait dengan aktivitas produksi.

Baca Juga : Pengertian dan Tujuan Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur. Laporan biaya yang dihasilkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan harga pokok suatu produk yang diproduksi oleh perusahaan. Hal tersebut merupakan salah satu fungsi dari akuntansi biaya.

Fungsi Akuntansi Biaya

1. Alat untuk menentukan perhitungan serta pelaporan biaya pokok suatu produk
Akuntansi biaya merupakan serangkaian proses pencatatan, penggolongan, dan peringkasan mulai dari biaya bahan baku produk hingga produk itu menjadi barang jadi. Akuntansi biaya menghasilkan informasi laporan biaya yang dapat dijadikan informasi sebagai penentuan harga pokok suatu produk. Harga pokok produk (HPP) penting untuk diketahui. Hal ini berkaitan dengan tahap selanjutnya, yaitu penentuan harga jual dan keuntungan yang diperoleh.

2. Memberikan rincian harga pokok produk dengan segenap unsur
Dalam pembuatan sebuah produk, setidaknya ada beberapa departemen yang terkait. Misalnya departemen produksi dan departemen pengembangan. Dengan adanya akuntansi biaya, dapat memberikan rincian biaya tidak hanya dari departemen produksi saja, namun pada departemen-departemen terkait lainnya yang berhubungan dengan proses pembuatan suatu produk.

3. Memberikan informasi dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban
Laporan yang dihasilkan bisa memberikan informasi untuk perencanaan biaya dan beban produksi pada periode mendatang. Dalam hal penambahan jumlah produksi pun akan sangat membantu, karena perusahaan telah memiliki patokan biaya dan beban di periode sebelumnya.

4. Memberikan data bagi proses penyusunan anggaran
Dengan informasi biaya yang diperoleh dari laporan biaya. Perusahaan bisa menyusun anggaran-anggaran biaya yang akan dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk dalam satu periode.

5. Memberikan informasi biaya bagi manajemen untuk pengendalian manajemen
Laporan yang dihasilkan dapat menjadi informasi bagi manajemen dalam menentukan keputusan aktivitas produksi. Dengan pengambilan keputusan berdasarkan kepada informasi laporan biaya, diharapkan aktivitas produksi akan berjalan dengan efektif dan efisien.

Manfaat Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya bermanfaat bagi pihak manajemen perusahaan dalam menentukan kebijakan terkait dengan aktivitas produksi. Akuntansi biaya digunakan sebagai alat untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis. Laporan yang dihasilkan bisa menjadi informasi dasar dalam perencanaan, pengawasan, pengukuran, serta pengambilan keputusan bisnis perusahaan.

Itulah sekilas pembahasan mengenai fungsi dan manfaat akuntansi biaya dalam perusahaan. Dengan adanya akuntansi biaya, perusahaan dapat menentukan kebijakan nya sehingga aktivitas produksi bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.